scratch from the past

Wednesday, October 26, 2005

nasihat ibunda


Nasihat ibunda tercinta bagi anak-anaknya dihari pernikahan ke 42:

"Yang paling penting dalam menjaga hubungan dalam sebuah keluarga adalah mampu bolak balik".

Maksudnya kita dalam menghadapi masalah harus mampu melihat permasalahan yang timbul dari kedua sisi, baik dari diri kita sendiri maupun dari sisi pasangan kita.
Apabila kita bisa melakukannya Insya Allah ego akan hilang, hati pun mendingin dan fikiran menjadi terang hingga kita bisa mendiskusikan masalah dengan tenang, solusi pun tercapai dengan mufakat.
Barakah Allah pun didapat.

"Jangan pernah sekali-pun menceritakan masalah dalam bahtera rumah tangga kepada orang lain".

Orang lain yang dimaksud disini termasuk dalam adik / kakak kita sendiri, bahkan terhadap orang tua pun kalau tidak sangat-sangat terpaksa jangan. Karena dikhawatirkan keadaan sudah tenang, orang tua kita yang masih gundah dan bisa menyebabkan keadaan tidak nyaman. Itu contoh kepada orang tua sendiri apalagi bila kita bercerita kepada orang lain yang ujung-ujungnya bisa menyebabkan terjadinya perselingkuhan.

"Jangan pernah sekali-pun bertengkar, mencela atau berkata sinis dihadapan anak-anak".

It’s amazing, 30 tahun aku hidup tak pernah sekalipun melihat mereka bertengkar. Pertengkaran yang disaksikan oleh anak pasti menimbulkan dampak yang buruk pada pandangan anak terhadap orang tua, dan membawa pengaruh buruk yang ditanggung seumur hidupnya.

djakarta
oct 26, 2005
joeffry
terima kasih ibu, Insya Allah mampu ikuti jejakmu
10 bulan tlah terlewati s’moga ribuan kan terjalani

Labels:

2 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]



<< Home